Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Apa sih susahnya dalam merawat komputer? Apalagi milik pribadi kita sendiri. Ya bisa dibilang mudah, bisa juga dibilang susah. Dalam hal perawatan komputer tidak hanya merawat perangkat kerasnya saja (hardware), melainkan merawat perangkat lunaknya juga (software). Pasti anda dan sayapun tidak mau jika komputer mengalami hang atau bahkan sampai rusak. Semua itu dibutuhkan kedisiplinan, tergantung pada diri kita masing-masing.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap pengguna untuk selalu menjaga apa yang dimilikinya. Barang yang dijaga dengan baik dan benar pasti akan awet, dan sebaliknya barang yang tidak dijaga dengan sepenuh hati maka akan cepat rusak. Kalau komputer mengalami gangguan atau kerusakan, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Bayangkan saja jika sering terjadi hang atau rusak, kita sebagai pemilik akan merogoh kocek yang dalam untuk memperbaikinya. Bahkan menggantinya dengan unit yang baru.

Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Komputer
Ilustrasi (Pixabay)

[1] Selalu Menjaga Kebersihan

Ini adalah salah satu cara yang sangatlah mudah untuk dilakukan oleh setiap pemilik komputer. Akan tetapi, disiplin amat dibutuhkan dalam hal ini. Kenapa? Terkadang kita malas untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Jika kita biarkan saja, lama-kelamaan debu tersebut akan menjadi banyak dan menumpuk. 

Debu yang masuk kedalam CPU dan menempel ke kipas pendingin (fan) membuatnya tidak berfungsi dengan maksimal, maka processor akan cepat panas dan dapat mengakibatkan komputer mati/off dengan sendirinya. Kalau sering terjadi, komponen-komponen yang lainnya bisa mengalami kerusakan.

Begitu pula dengan keyboard yang malas dibersihkan. Jika debu masuk ke selah-selah tombol dan menumpuk, maka tombol pada keyboard tidak dapat berfungsi dengan semestinya. 

[2] Menjaga Arus Aliran Listrik

Untuk menghindari pemadaman listrik yang sering terjadi di kota-kota kecil dan menjaga agar aliran listrik tetap stabil, maka gunakanlah UPS dan Stabilizer. Sangat dianjurkan untuk memiliki alat-alat ini.

[3] Jangan Gunakan Komputer Terlalu Lama

Kita sebagai manusia yang bekerja tanpa beristirahat akan mengalami kelelahan dan bahkan bisa sampai jatuh sakit. Sama seperti halnya dengan komputer yang digunakan terus-menerus tanpa henti. Sebenarnya tergantung juga dari spesifikasi yang dimiliki oleh komputer tersebut.  

[4] Scan Antivirus

Rajin-rajinlah scan komputer menggunakan antivirus. Ini dilakukan agar mendeteksi apakah ada virus yang menyerang sistem komputer dan sekaligus antivirus tersebut dapat menangkalnya. Perangkat lunak yang satu ini ada yang versi gratis adapula yang berbayar. Jika ingin lebih optimal, maka pakailah yang versi berbayar. 

[5] Bersihkan File di Recycle Bin

File yang kita hapus belum sepenuhnya hilang dari sistem komputer, semua akan terkumpul di folder yang namanya recycle bin. Sebagian kita menganggap sepele hal ini. Padahal jika file sampah di folder recycle bin menumpuk, akan memperlambat kinerja dari sistem komputer. 

[6] Hapus Aplikasi/Program yang Tidak Dipakai

Install aplikasi yang diperlukan saja yang sering kita gunakan dan hapuslah yang jarang dipakai. Dengan begitu masih banyak ruang penyimpanan pada komputer dan RAM bisa berjalan dengan baik, agar masalah hang bisa terhindar. 

[7] Jangan Asal Colok Flashdisk

Cara merawat komputer pada point ke tujuh ini ada hubungannya dengan point ke empat. Dimana antivirus bisa digunakan untuk memproteksi komputer. Tapi jangan asal colok flashdisk, karena kita tidak tahu apakah flashdisk tersebut bebas dari virus atau tidak. Virus bisa datang darimana saja, entah itu dari internet, flashdisk, dll. 

Jadikan komputer sebagai bagian dari tubuh kita yang harus dirawat, maka hal-hal yang merugikan pastilah tidak akan terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel