Tips Cara Belajar Komputer Bagi Pemula

Seperti yang kita semua ketahui bahwa komputer merupakan alat yang dapat membantu atau memudahkan pekerjaan kita sehari-hari dalam hal urusan kerjaan seperti kerja kantoran, perkuliahan, sekolah dan lain sebagainya. Dengan kata lain komputer tidak bisa terlepas dari kehidupan kita hampir didalam semua aspeknya. Akan tetapi tidak semua orang bisa memilikinya, dikarenakan masalah ekonomi atau lainnya.

Komputer sendiri memiliki 2 jenis, ada yang tidak bisa dibawa kemana-mana seperti: PC (Personal Computer/Komputer Pribadi) karena besar bentuknya, berat ukurannya dan harus dihubungkan dengan aliran arus listrik. Ada juga yang bisa kita bawa kemana-mana seperti: laptop, notebook dan netbook, karena memiliki ukuran yang kecil dan ringan, juga memiliki baterai sebagai penyimpanan daya listrik dan sebagai salah satu komponen utama. Untuk cara belajarnya, anda tidak perlu kuatir karena dalam hal mengoperasikan komputer atau laptop semua caranya sama, tidak ada yang berbeda.

Artikel ini ditujukan bagi anda yang pemula bahkan awam dalam mengoperasikan atau mempelajari tentang komputer. Pada umumnya sebelum anda mengoperasikan sebuah komputer, anda harus membaca lebih dulu buku-buku panduan atau sejenisnya tentang cara bagaimana mengoperasikan dan mempelajari sebuah komputer. Belajar komputer sebenarnya mudah dan sangat menyenangkan, asalkan bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya. 

Tips Cara Belajar Komputer Bagi Pemula

Belajar Komputer
Ilustrasi (Pixabay)

1. Prinsip dan Tujuan

Sebelum anda mempelajari komputer, pertama-tama yang anda harus ketahui adalah Prinsip. Prinsip yang teguh akan mempermudah anda untuk mencapai target tetapi berbanding terbalik jika anda mempunyai prinsip yg lemah atau asal-asalan maka anda tidak akan pernah bisa mengoperasikan komputer dengan baik.

Sebelum belajar komputer sebaiknya anda juga harus mengetahui apa tujuan anda dalam mempelajari komputer agar nantinya anda mampu mengoperasikan komputer sesuai kebutuhan anda. Dalam hal ini apakah anda mempelajari komputer hanya untuk tuntutan pekerjaan ataukah hanya sebagai bahan hiburan untuk mengisi waktu luang.

2. Niat dan Semangat

Adanya niat dan semangat yang tinggi dalam mempelajari sebuah komputer dan komponen didalamnya. Seperti kata orang segala sesuatu harus digapai dengan niat yang kuat, serta rasa ingin tahu dan dibarengi dengan semangat yang tinggi agar anda dengan mudah bisa memahami dan mengoperasikan komputer dengan cepat.

3. Rajin dan Tekun

Yang terpenting dalam belajar komputer, anda harus rajin dan benar-benar tekun dalam mempelajarinya. Meskipun hanya dengan membaca buku-buku panduan atau lewat bantuan teman dan belajar dari alternatif lainnya. Sangat direkomendasikan belajar dari Google ataupun Youtube, selain gratis juga banyak tutorialnya.

Bukan hanya cukup disitu saja tapi anda juga harus rajin dan tekun praktek dalam mengoperasikan sebuah komputer serta menguasai materi adalah kunci dari sebuah keberhasilan.

4. Mempunyai Komputer Sendiri dan Jangan Takut Rusak

Belajar komputer bukan hanya berbicara tentang semangat, rajin dan hal-hal lainnya. Akan tetapi ketika seseorang ingin mempelajari komputer, yang harus anda miliki pertama adalah mempunyai komputer sendiri dan memiliki rasa percaya diri agar ketika anda praktek mengoperasikan komputer, anda tidak takut akan merusakan komputer tersebut.

Jika anda takut komputernya mengalami kerusakan, maka itu membuat anda tidak memiliki rasa percaya diri untuk belajar dan hal itu dapat mengakibatkan anda tidak akan mampu untuk mengoperasikan sebuah komputer sampai kapanpun.

Nah, sekian Tips Cara Belajar Komputer yang sudah saya jabarkan diatas dan bagikan kepada anda sebagai motivasi untuk tetap semangat dalam mempelajari komputer.

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Belajar Komputer Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel