Pengertian Software (Perangkat Lunak) : Fungsi, Jenis dan Contoh Software Pada Komputer

Di dunia yang serba digital dan teknologi saat ini memang tidak terlepas dengan yang namanya istilah software atau perangkat lunak terlebih lagi jika pekerjaan Anda dibidang teknologi dan komputer. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengertian software, fungsi, jenis hingga contoh software? Tak perlu bingung, berikut ini Anda bisa melihat langsung berbagai ulasannya.

Apa Itu Pengertian Software

Pengertian Software

Ilustrasi (Pixabay)

Sebelum kita membahas mengenai fungsi, jenis hingga contoh software maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui pula pengertian software, yang mana merupakan data yang diprogram, diformat dan juga disimpan dengan secara digital dengan fungsi tertentu. Selain itu, perangkat yang satu ini memang tidak memiliki bentuk fisik karena Anda dapat mengoperasikan melalui perangkat komputer. Untuk pembuatan software tentunya memerlukan pula bahasa pemrograman yang mana ditulis oleh seorang pemrogram atau orang yang ahli dalam bidang tersebut. Kemudian, perangkat-perangkat tersebut nantinya akan dikompilasikan dengan menggunakan aplikasi komputer sehingga dapat menjadi kode-kode yang dapat dikenali oleh mesin perangkat keras atau hardware. Jadi, yang di maksud dengan perangkat keras di sini yaitu personal komputer atau komputer.

Tak hanya itu saja, perangkat lunak yang ada pada perangkat keras tentunya merupakan senyawa dari komputer itu sendiri. Nah, dengan begitu tanpa menginstall sistem operasi ini pada komputer tentunya komputer Anda tidak akan dapat dijalankan. Jadi, software ini memang berperan penting pada setiap komputer dan merupakan suatu perintah program sehingga bisa menjalankan kebutuhan yang ada pada sebuah komputer. 

Fungsi Software atau Perangkat Lunak Pada Komputer

Pada sebelumnya diatas tentunya Anda sudah melihat mengenai pengertian software bukan? dilihat dari pengertian saja Anda sudah bisa menebak dan mengetahui apa saja fungsi dari software tersebut yang ada pada komputer. Nah, agar lebih jelas lagi maka Anda dapat menyimpan beberapa fungsi utama dari software pada komputer, diantaranya :

  1. Software pada komputer berfungsi langsung sebagai dasar kebutuhan komputer sehingga dapat dioperasikan dengan baik.
  2. Software juga memiliki fungsi dalam mengatur perangkat keras atau hardware yang ada pada komputer. Nah, dengan adanya software tentunya komputer akan dapat bekerja dengan baik dan pastinya bekerja secara optimal sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan.
  3. Perangkat lunak atau software juga dapat digunakan dalam mengidentifikasi pada sebuah program yang ada di dalam komputer.
  4. Software nantinya juga akan dapat digunakan sebagai salah satu penghubung antara beberapa software yang lainnya dengan harware yang ada pada komputer.
  5. Software atau perangkat lunak pada komputer juga akan dapat berfungsi langsung sebagai penerjemah perintah yang ada pada software lain terutama yang ada di dalam bahasa mesin. Nah, dengan begitu, hardware yang ada pada komputer nantinya akan dapat mengerti serta menerimanya dengan baik.

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

Penting untuk Anda ketahui bahwa software atau perangkat lunak ini memang memiliki beberapa pembagian terutama berdasarkan jenisnya, diantaranya yaitu :

1. Software Berdasarkan Jenis

Didalam sistem operasi komputer tentunya memiliki beberapa jenis software ataupun perangkat lunak, seperti :

  • Sistem operasi atau Operating System. Dimana fungsi software atau perangkat lunak ini memang pada biasanya digunakan langsung untuk mengkoordinasikan setiap komponen serta fungsi komputer. Contohnya seperti Windows, Linux, dan DOS.
  • Bahasa pemrograman. Hal ini merupakan software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk pemberi instruksi standar. Misalnya yaitu seperti Java, PHP dan juga Microsoft Visual Basic.
  • Application software atau perangkat lunak aplikasi. Dimana software yang satu ini nantinya memiliki fungsi tertentu. Misalnya yaitu untuk pengolahan data dan presentasi. Contohnya seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, OpenOffice.org dan masih banyak lagi.

2. Software Berdasarkan Distribusi

Selanjutnya ada juga software atau perangkat lunak berdasarkan distribusinya, diantaranya yaitu seperti :

  • Freeware adalah software yang memiliki tanpa batas waktu tertentu. Pada biasanya, perangkat lunak jenis ini akan memiliki fitur kurang lengkap serta tidak maksimal.
  • Adware merupakan software yang nantinya bisa didapatkan serta digunakan dengan secara gratis, akan tetapi dengan kompensasi adanya iklan yang nantinya muncul pada komputer user.
  • Spyware merupakan perangkat lunak yang memang dibuat khusus dan digunakan untuk memata-matai segala aktivitas para pengguna komputer. Pada biasanya, perangkat lunak jenis seperti ini memang banyak disalahgunakan yaitu seperti mencuri data dari komputer yang lainnya.
  • Shareware merupakan piranti lunak sebagai keperluan tertentu yang mana akan dibagikan dengan secara gratis. Pada biasanya digunakan sebagai demonstrasi dengan berbagai fitur terbatas serta penggunaannya untuk waktu terbatas.
  • OpenSource yaitu software yang kode sumbernya nantinya akan dapat dibuka, ditingkatkan, diubah-ubah hingga disebarluaskan. Pada biasanya software jenis ini akan dapat diperoleh dengan secara gratis serta dapat dikembangkan oleh orang lain dengan menggunakan General Public License atau Lisensi GPL.
  • Firmware yaitu jenis perangkat lunak atau software yang mana penyimpanannya hanya dapat dibaca atau memory read only. Perangkat lunak ini bersifat paten dan tidak bisa dilakukan modifikasi meskipun nantinya ada masalah didalam fungsinya.
  • Malware merupakan software yang dianggap sebagai perusak dan perangkat ini dapat berbahaya apabila software malware disalahgunakan.

Contoh Software Pada Komputer

Selain membahas mengenai pengertian software, fungsi dan juga jenis tentu kurang lengkap rasanya tanpa mengetahui apa saja contoh perangkat lunak software yang ada pada komputer. Nah, contohnya bisa Anda lihat seperti berikut ini:

1. Microsoft Office Word

Dimana untuk software yang satu ini tentunya Anda akan dapat menggunakannya untuk mengetik dan juga mengedit berbagai dokumen yang Anda butuhkan serta inginkan dalam bentuk tampilan kertas.

2. Microsoft Excell

Pada microsoft excell ini tentunya tidak jauh berbeda dengan microsoft seperti diatas. Dimana perangkat tersebut nantinya dapat digunakan pula untuk mengedit dan juga membuat sebuah dokumen yang mana dalam bentuk tampilan kolom.

3. Microsoft PowerPoint

Selanjutnya untuk software yang satu ini tentunya dapat digunakan untuk menampilkan dan membuat sebuah presentasi. Jadi, pada software ini nantinya Anda akan dapat menggunakan untuk membuat video, memasukkan tulisan, mengedit foto dan sebagainya.

4. Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu software yang nantinya dapat Anda gunakan untuk peramban web lintas paltfrom dengan sumber terbuka. Dimana software ini memiliki fungsi untuk dapat masuk ke jaringan online. Anda dapat dengan mudah mencari berbagai informasi yang lama sampai yang terbaru.

Jadi, di dalam sebuah komputer tentunya nanti tidak akan terlepas pula dari yang namanya software atau perangkat lunak. Oleh karena itu, setiap komputer tentunya akan membutuhkan perangkat lunak sehingga dapat bekerja secara optimal dan dapat memudahkan seseorang dalam mengerjakan atau melakukan tugasnya. 

Nah bagaimana, apakah Anda sudah mengerti dan paham sekarang mengenai software atau perangkat lunak? Tentu saja bukan. Jika belum paham maka Anda bisa membaca kembali pengertian software seperti di atas. Semoga informasi seperti di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah lagi wawasan pengetahuan Anda mengenai perangkat lunak atau software.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Software (Perangkat Lunak) : Fungsi, Jenis dan Contoh Software Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel